5 Tips untuk Generasi Milenial yang Ingin Beli Rumah

Rumah merupakan salah satu kebutuhan utama manusia di samping kebutuhan akan makanan dan pakaian. Maka, tidak mengherankan jika generasi milenial saat ini ingin memiliki tempat tinggal sendiri. Sayangnya, keinginan tersebut sering kali terhalang oleh fakta di lapangan bahwa harga rumah terus meningkat.

Meski begitu, bukan berarti peluang generasi milenial untuk memiliki rumah sendiri benar-benar tertutup. Ulasan kali ini akan membahas tentang tips beli rumah yang bisa diterapkan oleh generasi milenial. Mari simak bersama!

Minat generasi milenial untuk beli rumah terus meningkat

Walau harga properti terus meningkat, minat generasi milenial untuk bisa membeli rumah sendiri tetaplah tinggi. Hal ini bisa terbukti dari sebuah survei yang dilakukan situs Rumah.com dan lembaga riset Intuit Research Singapore.

Dalam survei tersebut, diketahui bahwa generasi milenial (kelompok usia 22-29 tahun) memiliki minat paling tinggi untuk memiliki rumah sendiri. Dari total 1.007 responden, 44% merupakan individu berusia 22-29 tahun dan menunjukkan minat untuk membeli rumah sendiri.

Tips agar berhasil membeli rumah

Lalu, apa yang sebaiknya dilakukan oleh generasi milenial agar berhasil membeli rumah sendiri? Beberapa tips beli rumah berikut bisa diikuti:

1. Tentukan budget

Tips beli rumah yang pertama adalah menentukan bujet. Harga rumah yang ada di pasaran saat ini sangat variatif. Pilihlah yang paling realistis dan masih dalam kapasitas finansial Anda. Jangan lupa juga perhatikan aksesibilitas hunian, sebab hal tersebut juga memengaruhi pengeluaran Anda di masa mendatang.

Misalnya, Anda menemukan rumah dengan harga miring. Namun, lokasinya sangat jauh dari tempat kerja. Otomatis, nantinya Anda harus bisa mengantisipasi kemungkinan adanya pengeluaran tambahan untuk transportasi. Ada baiknya lokasi yang Anda pilih masih bisa dijangkau dengan mudah.

2. Pilihlah rumah yang sesuai kebutuhan

Berikutnya, pilihlah rumah yang memang sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya Anda baru berkeluarga, maka rumah tipe 45 atau 60 bisa dijadikan pilihan. Rumah tipe 45 atau 60 menawarkan space yang cukup lapang untuk keluarga kecil. Biasanya, ruang-ruang yang disediakan pun sudah bisa mengakomodasi keluarga baru.

Alih-alih memilih rumah dengan tipe besar, pilihlah rumah dengan bangunan dan lahan yang bisa dikembangkan. Jadi, jika nanti anggota keluarga bertambah atau anak sudah bertambah dewasa, Anda tidak perlu bingung menata ulang ruang dalam rumah.

3. Buat tabungan untuk DP rumah

Rencana tidak akan berjalan tanpa ada aksi nyata. Daripada hanya berandai-andai, mulailah langkah Anda untuk beli rumah dari sekarang. Buatlah tabungan khusus untuk DP (down payment) rumah. Ada baiknya juga jika Anda menerapkan tabungan autodebet. Jadi, uang yang dikumpulkan untuk DP tidak digunakan untuk keperluan lain.

Jika merasa kesulitan, coba cari developer yang menawarkan opsi cicil DP rumah. Saat ini, sudah ada banyak developer perumahan yang menyediakan cicil DP rumah, Anda tinggal pilih mana yang paling sesuai kebutuhan.

4. Hemat biaya hidup dan cari penghasilan tambahan

Disiplin adalah kunci dari tips beli rumah sendiri. Sebisa mungkin, hindari pengeluaran yang tidak perlu. Kurangi pula jajan dan nongkrong. Sebagai alternatif, Anda bisa membawa bekal saat bekerja. Selain itu, usahakan selalu mencatat pemasukan dan pengeluaran Anda. Buat pos-pos pengeluaran dan atur skala prioritas. Cara ini akan memudahkan Anda mengelola keuangan meski sedang menabung untuk membeli rumah.

5 Mulai berinvestasi

Untuk mencapai target beli rumah sendiri, Anda juga bisa mempertimbangkan investasi. Return yang Anda dapat dari investasi bisa digunakan untuk menambah DP atau diputar kembali agar mendapat keuntungan yang lebih besar. Namun, jangan sembarangan memilih instrumen investasi. Pilihlah instrumen dengan potensi risiko kecil seperti reksa dana, deposito atau emas.

Itulah beberapa tips beli rumah yang bisa diterapkan generasi milenial. Jika dana untuk beli rumah sudah terkumpul, pilihlah hunian nyaman dan memiliki akses yang mudah seperti CitraGarden Puri dari Ciputra Group. CitraGarden Puri berada di Jakarta Barat dan memiliki lokasi strategis, dekat dengan Puri CBD, exit Tol Karang Tengah, serta Stasiun KRL. Bukan hanya itu, dengan konsep serviced residences, CitraGarden Puri juga menawarkan kenyamanan ekstra bagi para penghuninya. Tersedia berbagai fasilitas pendukung seperti smart concierge system dan integrated town management system yang memudahkan aktivitas Anda.

Klik di sini untuk informasi lebih lanjut mengenai CitraGarden Puri!

Penawaran Terbaru

Penawaran Terbaru, Lugano

Dapatkan Penawaran Terbaik

Kategori Berita